Daftar 7-digit Kode Bank Indonesia

Saat kita menambah akun Bank ke PayPal atau melakukan tarik uang(withdraw), kita perlu mengisi nama bank, nomor rekening, dan 7-digit kode bank. Kode Bank Indonesia terdiri dari 7-digit nomor. Nomor ini berbeda dengan kode SWIFT yang sering digunakan untuk transfer international. 7-digit nomor digunakan setiap bank untuk melengkapi transfer uang lokal atau domestik.
Dahulu kita sering kesulitan untuk mencari 7-digit kode bank Indonesia dengan menggabungkan 3-digit kode bank + 4-digit kode cabang. Namun masalah yang muncul adalah ada beberapa cabang yang tidak terdaftar di Bank Indonesia dan ada juga beberapa kode cabang yang tidak 4-digit. Sehingga menyulitkan kita untuk mendapatkan kode bank yang benar. Hal ini diperparah bila proses withdraw PayPal gagal, kita akan dikenakan sejumlah biaya yang menurut saya cukup besar.


Kabar gembiranya, sekarang PayPal membuat kode yang tetap untuk bank-bank di Indonesia, sehingga kita tidak perlu susah-susah lagi mencari.
silahkan Downlod DISINI

Adobe Photoshop CS5 Serial+Keygen Kumplit

Pengembangan manipulasi gambar digital banyak mempengaruhi industri fotografi. Pengembangan tersebut menciptakan seni pengolah gambar (photo retouching) dan mengubah cara kerja: produk yang biasanya hanya dapat diciptakan oleh fotografer profesional selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari, kini dapat diproduksi oleh seniman amatir sekalipun.
Manipulasi gambar digital telah menyumbang begitu banyak hal kepada dunia fotografi dengan memungkinkan manipulasi yang awalnya sulit atau bahkan tak mungkin. Photoshop berperan besar dalam perkembangan dunia digital saat ini.
Pada masa revolusi fotografi digital di tahun 90-an, Photoshop menjadi standar di dunia industri. Banyak fotografer yang menggunakan program ini untuk mengoptimalkan hasil akhir foto yang mereka ciptakan.
Pada dasarnya ini memungkinkan Anda untuk mengubah atau menciptakan realitas dalam foto semudah memilih suatu daerah dan menjalankan fitur tersebut. Gone will be the days when photojournalists are caught with embarrassing patterns created by improperly using the stamp tool. Gone akan menjadi hari-hari ketika photojournalists terjebak dengan pola memalukan dibuat oleh benar menggunakan alat cap. The demonstration is so amazing that many commenters are saying it's fake, going as far as to say it looks… “photoshopped”? demonstrasi itu begitu menakjubkan bahwa banyak commenters mengatakan itu palsu, pergi sejauh mengatakan terlihat ... "photoshopped"?
The demo starts with some small pieces, so if you're short on time, jump to about the 2:50 mark (halfway point) for the more impressive stuff. demo dimulai dengan beberapa potongan-potongan kecil, jadi jika Anda mengejar waktu, melompat ke tentang tanda 02:50 (titik tengah) untuk hal-hal yang lebih mengesankan. Full-screen viewing makes it easier to see the details. Tampilan layar penuh membuat lebih mudah untuk melihat rincian.  
secara grafis, hasil yang menakjubkan. Dalam salah satu demo-Bryan Hughes O'Neil, seorang manajer produk di tim Photoshop, menggunakan alat ini untuk pertama menghapus suar lensa, putar-puing sampah rumput kasar menjadi rumput terawat sempurna, dan bahkan menghapus pohon terlihat di kejauhan.
Untuk mendownloads softwarenya silahkan and download dulu panduan penginstalannya download DISINI
dan untuk link softwarenya silahkan diwnloads di bawah ini

Untuk download Keygent-nya sulahkan downloads DISINI dan apabila anda ada masalah dengan serial atau keygen-nya silahkan hubungi DISINI

Toshiba Qosmio F50, di Atas Rata-rata

Di tengah persaingan ketat seperti sekarang, para produsen notebook semakin serius membuat produk yang unik dan beda. Hal ini pun dilakukan Toshiba saat merilis notebook multimedia terbaru mereka, Qosmio F50. Notebook 15,4” ini tampil kemilau berkat desain Vibe dan penggunaan bahan plastik yang mengilap. Ini membuat penampilan Qosmio F50 terlihat sangat berkelas, meski sayangnya harus dikompensasi dengan mudahnya jejak jari tertinggal.
Namun yang paling unik dari Qosmio F50 ini adalah keberadaan sebuah prosesor yang disebut Quad Core HD Chip. Prosesor ini memiliki tugas khusus untuk membantu prosesor utama dalam menjalankan beberapa aplikasi multimedia. Contohnya melakukan upscaling (menaikkan resolusi) sehingga film berformat DVD bisa ditampilkan dengan kualitas sekelas film High Definition. Prosesor ini juga bisa digunakan untuk aplikasi gesture control; maksudnya kita bisa mengontrol notebook ini dengan gerakan tangan saja.

 Sayangnya, konsep yang di atas kertas menarik itu, dalam kenyataannya tidaklah tampil sempurna. Ketika kami coba memutar film Batman: The Dark Knight, perbaikan kualitas yang dihasilkan tidaklah signifikan. Bahkan, di beberapa adegan, video yang ditampilkan justru terlihat pecah dan aneh.
Aplikasi gesture control juga tidak berjalan lancar. Teorinya, kita bisa melambaikan tangan untuk menjalankan video atau menegakkan telapak tangan (seperti memberi tanda stop) untuk melakukan pause. Namun ketika kami coba, gerakan tangan kami sering kali tidak tertangkap Webcam. Jadi daripada repot, kami kembali ke cara lama: menggunakan panel control di atas keyboard atau memanfaatkan remote control yang sudah disediakan sebagai kelengkapan standar.
Quad Core HD Chip sendiri tidak banyak berperan pada aplikasi standar — dan memang tidak perlu. Kombinasi prosesor Intel Core 2 Duo T9400, memori 3GB, dan kartu grafis GeForce 9600GT sudah lebih dari cukup menjalankan aplikasi standar maupun gaming. Jika dibandingkan semua notebook yang pernah kami uji, hanya Asus G50V dan yang bisa mengalahkan performa notebook ini. Namun performa yang garang itu harus dikompensasi dengan kebutuhan daya yang tinggi. Ini terlihat dari daya tahan baterenya saat memutar film HD yang cuma sekitar 1 jam.
Dari sisi fasilitas, notebook seharga US$ 2000 ini juga tampil sangat impresif. Selain konektor standar seperti USB dan FireWire, notebook ini juga dilengkapi koneksi eSATA dan HDMI. Sejalan dengan peruntukannya sebagai notebook multimedia, Qosmio F50 dilengkapi speaker dari pabrikan terkenal, harman/kardon. Tidak tanggung-tanggung, empat reflex speaker dan subwoofer ditanamkan di notebook ini, membuat kualitas suaranya begitu memukau. Boleh dibilang, inilah notebook dengan kualitas terbaik yang pernah kami uji.
Kalaupun ada keluhan adalah perangkat optiknya yang cuma DVD Writer, mungkin karena Toshiba pede prosesor Quad Core HD Chip akan membuat film kelas DVD akan di-upscale dengan sempurna.
***
Di atas kertas, keberadaan Quad Core HD Chip sebenarnya akan memberikan manfaat ekstra pada Qosmio F50 ini. Sayangnya, hal tersebut tidak berjalan sempurna, sehingga kami tidak merasakan manfaat dari prosesor tersebut — yang pastinya menambah harga notebook ini. Untungnya, performa dan fasilitas yang tertanam di notebook ini di atas rata-rata, sehingga sepadan dengan harganya yang mencapai US$ 2000.
Sumber: InfoKomputer
PLUS: Performa bagus; dilengkapi HDMI, eSATA, dan harddisk 400GB; kualitas speaker sempurna.
MINUS: Boros daya; mahal; cuma DVD Writer.
SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4
Fasilitas : 4,3
Penggunaan : 4,4
Harga : 3
SKOR TOTAL : 4
HASIL PENGUJIAN
Dari semua notebook yang pernah kami uji, Qosmio F50 menempati urutan kedua di bawah Asus G50V. Saingan terdekatnya adalah BenQ S42-LE04 yang sebenarnya unggul pada pengujian berbasis grafis, namun tertinggal cukup jauh pada aplikasi berbasis prosesor. Sayangnya Qosmio F50 sangat boros listrik, sehingga hanya bisa bertahan sekitar 1 jam saat memutar HD video.
Pengujian
(OS: WinVista) Toshiba Qosmio F50
(Intel T9400, memori 3GB DDR2-800MHz, VGA nVidia 9600M 512MB, 15,4”) BenQ S42-LE04
(Intel P8400, memori 1GB DDR2-667MHz, VGA nVidia GF9600M GT 256MB, 14,1”)
Cinebench R10 5139 4648
PCMark Vantage 3253 2907
Encoding video 12 menit 53 detik 16 menit 9 detik
Encoding audio 2 menit 38 detik 3 menit 5 detik
3DMark 2006 4480 5619
Daya Tahan Batere
Memutar HD Video 1 jam 5 menit 1 jam 33 menit
Battery Eater 54 menit 1 jam 18 menit

SPESIFIKASI Toshiba Qosmio F50
Prosesor: Intel Core 2 Duo T9400 (2,53GHz, cache 6MB, FSB 1066MHz)
RAM: 3GB DDR2-800
Chipset: Intel PM45
Kartu Grafis: nVidia GeForce 9600M GT 512MB
Harddisk: Fujitsu 400GB, SATA, 4200rpm
Optical drive: DVD Writer
Fasilitas: Wi-Fi G, Bluetooth, FireWire, LAN, USB (3x), kamera, card reader, Express Card, HDMI, eSATA
Layar: 15,4”, 1280x800 pixel
Kartu suara: Realtek ALC272
Sistem Operasi: Windows Vista Home Premium
Batere: 4000 mAh
Dimensi: 36,8x27,9x(4-5,4) cm
Bobot: 3,32 kg
Garansi: 1 tahun
Harga : call
Silahkan hubungi di sini

Prinsip Diet Pada Eklamasi

BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Preeklampsia (penyakit dengan gejala peningkatan tekanan darah disertai dengan dijumpainya protein dalam urin dalam kadar berlebih, dan pembengkakan tubuh akibat penimbunan cairan setelah kahamilan 20 minggu atau segera setelah persalinan), terbagi dua, yaitu bentuk ringan dan bentuk berat.
Di Indonesia, setelah perdarahan dan infeksi pre eklampsia masih merupakan sebab utama kematian ibu, dan sebab kematian perinatal yang tinggi. Oleh karena itu diagnosis dini preeklampsia yang merupakan tingkat pendahuluan eklampsia, serta penanganannya perlu segera dilaksanakan untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak.
Sampai sekarang etiologi pre-eklampsia belum diketahui. Membicarakan patofisiologinya tidak lebih dari "mengumpulkan" temuan-temuan fenomena yang beragam. Namun pengetahuan tentang temuan yang beragam inilah kunci utama suksesnya penangaan pre-eklampsia.
Tanda-tanda Pre-Eklamsi biasanya timbul dalam urutan pertambahan berat badan yang berlebihan, diikuti oedema, hipertensi, dan akhirnya proteinuria. Pada Pre-Eklamsia ringan tidak ditemukan gejala-gejala subyektif, pada Pre-Eklamsia ditemukan sakit kepala di daerah frontal, skotoma, diploma, penglihatan kabur, nyeri di daerah epigastrum, mual dan muntah-muntah. Gejala-gejala ini sering di temukan pada Pre-Eklamsi yang meningkat dan merupakan petunjuk bahwa Eklamsi akan timbul.
Eklampsi merupakan serangan konvulsi yang biasa terjadi pada kehamilan, tetapi tidak selalu komplikasi dari pre eklampsia.
Dalam sebuah konduksi studi nasional di UK pada tahun 1992, 38% dsari kasus eklampsi tidak disertai dengan hipertensi dan protein urin (Douglas dan Redman 1994). Ini terjadi di UK sekitar 2000 kelahiran dan beresiko tinggi untuk ibu dan janin. Douglas dan Redman (1994) menemukan bahwa satu dari 50 wanita dengan eklampsia meninggal dan satu dari 14 bayi mereka juga meninggal. Di dunia luas, 50.000 wanita meninggal setelah menderita konvulsi eklampsia (Duley 1994) dan berbagai pusat penelitian sekarang ini sedang berlangsung untuk mengetahui obat yang cocok untuk mencegah dan mengatasi konvulsi.
Konvulsi dapat terjadi sebelum, selama, dan sesudah persalinan. Jika ANC dan Inc mempunyai standar yang tinggi, konvulsi postpartum akan lebih sering terhindar. Ini terjadi lebih dari 48-72 jam setelahnya. Monitor tekanan darah dan urin untuk proteinuria harus dilakukan dan dilanjutkan selama periode postpartum.
Kematian karena eklampsia meningkat dengan tajam dibandingkan pada tingkat pre-eklampsia berat. Oleh karena itu, menegakkan diagnosis dini pre-eklampsia dan mencegah agar jangan berlanjut menjadi eklampsia merupakan tujuan pengobatan. Diperkirakan pre-eklampsia terjadi 5% kehamilan, lebih sering ditemukan pada kehamilan pertama. Juga pada wanita yang sebelumnya menderita tekanan darah tinggi atau menderita penyakit pembuluh darah. Karena itu kejadian kejang ini harus dihindarkan. Maka apabila pre eklampsia tidak diobat secara tepat bisa berakibat fatal, yaitu kematian bayi yang dikandung, bahkan termasuk ibunya sendiri.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis akan membahas mengenai prinsip diet pada ibu hamil penderita pre eklamsia dan eklamsia dalam bentuk makalah.
B.     Perumusan Masalah
Makalah ini akan membahas permasalahan yang telah penulis rumuskan, yaitu : “Bagaimana prinsip diet pada ibu hamil yang mengalami pre eklamsia dan eklamsia?”.
C.     Tujuan
1.      Tujuan umun
Untuk memenuhi tugas mata kuliah dan untuk menambah pengetahuan mahasiswa tentang prinsip diet ibu hamil dengan pre eklamsia dan eklamsia.
2.      Tujuan khusus
Untuk mengetahui bagaimanakah diet komplikasi kehamilan berupa pre elamsia dan eklamsia.
D.     Sistematika Penulisan
Sebagai langkah akhir dalam penulisan makalah ini, maka klasifikasi sistem penulisannya meliputi Bab I pendahuluan yang berisikan tentang latar belakang masalah, tujuan penulisan dan sistematika penulisan, Bab II pembahasan di dalamnya dibahas mengenai diet komplikasi kehamilan pada pre eklamsia dan eklamsia. Bab III merupakan bab terakhir dalam penulisan makalah ini yang berisikan tentang kesimpulan dan saran-saran.





BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pre Eklampsia
1.      Pengertian
1.      Pre eklampsi (toksemia gravidarum) adalah tekanan darah tinggi yang disertai dengan proteinuria (protein dalam air kemih) atau edema (penimbunan cairan), yang terjadi pada kehamilan 20 minggu sampai akhir minggu pertama setelah persalinan. (Manuaba, 1998).
2.      Pre eklampsia adalah timbulnya hipertensi disertai proteinuria dan edema akibat kehamilan setelah usia kehamilan 20 minggu atau segera setelah persalinan. Eklamsia adalah pre eklamsia yang disertai kejang dan/atau koma yang timbul bukan akibat kelainan neurologi. Superimposed pre-eklampsia-eklampsia adalah timbulnya preeklampsia atau eklampsia pada pasien yang menderita hipertensi kronik. Menurut (Mansjoer et.al 2000)
3.      Pre ekalmpsia adalah timbulnya hipertensi disertai proteinuria dan edema akibat kehamilan setelah usia kehamilan 20 minggu atau segera setelah persalinan. Eklampsia adalah preeklampsia yang disertai kejang dan/koma yang timbul bukan akibat kelainan neurologi. Sumperimposed preeklampsia-ekklampsia adalah timbulnya preeklampsia atau eklampsia pada pasien yang menderita hipertensi kronik.
4.      Menurut kamus saku kedokteran Dorland, preeclampsia adalah toksemia pada kehamilan lanjut yang ditandai oleh hipertensi,edema, dan proteinuria. Eklampsia adalah konvulsi dan koma, jarang koma saja, yang terjadi pada wanita hamil atau dalam masa nifas dengan disertai hipertensi, edema dan atau proteinuria.
2.      Etiologi
.............................................................

Untuk lebih jelasnya silahkan download di DISINI...

GAGAL UN KARENA BAHASA INDONESIA

GAGAL UN KARENA BAHASA INDONESIA
(Indikasi kurangnya perhatian terhadap bahasa sendiri)

Ada hal yang menarik dari hasil Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2004/2005. Yaitu, dari sekitar 800.000 siswa SMP/SMA di seluruh Indonesia yang tidak lulus, sebagian diantaranya disebabkan oleh nilai pelajaran bahasa Indonesia yang tidak mencapai standar. Padahal Standar kelulusan 4,25 yang ditetapkan Departemen Pendidikan Nasional sebenarnya tergolong rendah dan masih jauh dari standar internasional yaitu 5,6.
Lebih jauh lagi kalau melihat nilai-nilai perolehan hasil UN tersebut, nilai untuk mata pelajaran lain seperti matematika, IPA, bahasa Inggris, Ekonomi, memperoleh nilai yang lebih tinggi. Bahkan ada siswa yang mampu memperoleh nilai maksimal untuk mata pelajaran bahasa Inggris.
Ini memang dilematis, karena bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional kita sendiri. Bahasa yang dipergunakan sehari-hari dan begitu akrab dengan kita. Namun itulah faktanya. Mungkin karena sedemikian dekatnya, sehingga cenderung dianggap hal yang sepele. Seperti kasus banyaknya orang yang tidak hapal nomor teleponnya sendiri.
Lantas di mana letak masalahnya sehingga semua ini bisa terjadi ?. Menurut penulis, peyebabnya ada beberap hal diantaranya adalah: Motivasi anak-anak kita untuk mempelajari bahasa Indonesia, tidak sekuat untuk mempelajari bahasa lain seperti bahasa Inggris, Jepang, Korea, Mandarin dan sebagainya. Karena bahasa asing yang telah disebutkan tadi, dianggap sebagai bahasa yang menjanjikan masa depan cerah, terutama dalam prospek dunia kerja. Alasan ini memang sangat logis, karena untuk kepentingan interaksi dengan dunia luar dan pergaulan internasional, penguasaan bahasa asing merupakan hal yang mutlak. Dunia kerja, selalu menjadikan kemampuan bahasa asing sebagai salah satu persyaratan utama dalam menerima calon pekerja atau karyawan.
Pengajaran bahasa Indonesia di sekolah sebagai salah satu media utama dalam menanamkan pengetahuan bahasa Indonesia, belum dapat berfungsi secara maksimal, diakibatkan oleh beberapa faktor. Tuntutan materi pelajaran dari kurikulum yang terlalu luas, sehingga terlalu banyak yang mesti diajarkan oleh guru kepada siswa. Guru bahasa Indonesia sebagai pihak yang diberikan tanggung jawab utama untuk mengajarkan dan memperkenalkan bahasa Indonesia, belum dapat berperan sesuai yang diharapkan. Karena masih ada sebagian guru yang tidak didukung oleh pengetahuan dan kemampuan yang harus dimiliki sebagai seorang guru bahasa Indonesia.
Kepedulian guru-guru lain selain guru bahasa Indonesia, masih minim dalam membantu menanamkan perhatian dan kesadaran akan pentingnya bahasa Indonesia kepada siswa, dengan alasan bahwa, pengajaran bahasa adalah tanggung jawab guru bahasa Indonesia sepenuhnya. Buku-buku teks pelajaran yang merupakan buku bacaan wajib bagi siswa, masih banyak yang belum menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang seharusnya.
Demikian juga dengan buku-buku bacaan pendukung yang ada di perpustakaan
Media massa sebagai sarana pemberi informasi yang diharapkan turut berperan dalam pengembangan bahasa Indonesia, belum dapat berfungsi ideal. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa, pada media itu sendiri, masih sering ditemukan kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan kaidahnya. Sebagai contoh, pada media televisi masih sering kita dengar pengucapan dan pelafalan kata yang salah. Seperti kata péka yang biasa dilafalkan dengan menggunakan ê (e pepet). Padahal yang benar dalam pengucapannya adalah, bunyi e dilafalkan dengan é biasa, sama dengan bunyi e pada kata ekor, meter dan sebagainya. Demikian juga dengan kata teras, semuanya dilafalkan dengan bunyi yang sama. Padahal, dalam bahasa Indonesia ada dua kata teras. Téras yang dilafalkan dengan e biasa seperti pada teras rumah, dan di lafalkan dengan bunyi e pepet pada pejabat têras. Demikian juga pada surat kabar sebagai salah satu media massa, masih sering ditemukan kesalahan-kesalahan. Baik dari segi penggunaan tanda baca, penulisan kata ataupun kesalahan dalam penggunaan kata yang tepat. Masih banyak sebenarnya faktor-faktor yang meyebabkan bahasa kita mengalami nasib seperti itu. Diantaranya dialek bahasa daerah, budaya dikalangan anak muda yang senang menggunakan bahasa gaul atau bahasa prokem. Namun yang lebih penting sekarang adalah mencari solusi untuk mengatasi semua masalah tersebut.
Mempelajari bahasa asing memang menjadi tuntutan perkembangan zaman, namun melupakan bahasa sendiri adalah tindakan yang keliru. Seharusnya kita malu kepada bangsa Jepang, China dan Korea?. Negara yang nota bene mempunyai keunggulan teknologi dan tingkat kemajuan yang tinggi, namun tetap bangga dengan bahasanya sendiri. Apakah kita tidak merasa risih kalau di beberapa negara, pelajaran bahasa Indonesia termasuk pelajaran utama ?. Mengapa kita tidak pernah berpikir bahwa, kalau bahasa lain bisa menjadi bahasa yang begitu penting. Suatu saat, bahasa Indonesia juga akan menjadi bahasa yang demikian.
Ini bukanlah impian yang mustahil. Peluang ke arah itu sangat besar. Salah satu keunggulannya adalah karena kita didukung oleh beberapa negara yang mempunyai bahasa yang serumpun dengan kita, seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan sebagian Singapura. Saya kira motivasi inilah yang perlu ditanamkan kepada generasi kita. Dunia kerja dalam menerima karyawan, dituntut juga menjadikan kemampuan berbahasa Indonesia sebagai kemampuan yang harus dimiliki selain bahasa asing lainnya. Karyawan yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai tempatnya, harus dijadikan keunggulan tersendiri. Sebab hakiki yang terkandung di dalam menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah dan aturannya adalah menghargai lawan berkomunikasi atau menghargai orang lain. Dalam dunia usaha, ini tentunya sangat penting.
Sekolah sebagai media utama pembelajaran bahasa diharapkan dapat berfungsi maksimal. Kurikulum yang ada perlu ditinjau kembali, sehingga guru tidak menjejali siswa dengan begitu banyak materi pelajaran yang membuat pelajaran bahasa Indonesia kurang diminati. Pelajaran mengarang yang terkadang dianaktirikan, justeru harus memiliki proporsi yang besar, karena dengan pelajaran ini, beberapa aspek pengetahuan bahasa bisa dikembangkan. Guru-guru Bahasa Indonesia, diharapkan selalu berusaha untuk membekali diri dengan pengetahuan dan kemampuan bahasa Indonesia yang sesuai dengan perkembangan bahasa Indonesia itu sendiri. Menurut J.S. Badudu dalam bukunya Cakrawala Bahasa Indonesia. Guru bahasa Indonesia yang baik bukan hanya menguasai aspek tata bahasa dan struktur kebahasaan, tetapi juga menguasi aspek bahasa lain seperti kesusastraan. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti dengan banyak membaca buku-buku yang berhubungan dengan bahasa Indonesia, mengikuti pelatihan-pelatihan, penataran dan sejenisnya.
Buku-buku teks pelajaran dan buku bacaan penunjang lainnya, sebelum diterbitkan terlebih dahulu harus diedit dan dikoreksi oleh pakar bahasa Indonesia. Guru-guru mata pelajaran lain selain guru bahasa Indonesia, harus sadar bahwa, pembelajaran bahasa Indonesia bukan hanya menjadi tanggung jawab guru bahasa Indonesia sepenuhnya. Tetapi adalah tanggung jawab kita bersama, karena bahasa bagi sesuatu bangsa, merupakan jati diri yang menunjukkan tingkat peradaban bangsa itu sendiri. Apalagi suatu keitimewaan bagi kita yang jarang dimiliki oleh bangsa lain adalah bahasa kita menjadi bahasa nasional kita juga. Media massa, baik media audio, visual maupun audio visual diharapkan agar dalam menyajikan informasi lebih selektif menggunakan bahasa Indonesia. Pada konteks tertentu, haruslah menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Seperti pada berita resmi atau informasi resmi. Sebab dengan perannya sebagai pemberi informasi yang hampir dipergunakan orang setiap hari. Kesalahan-kesalahan penggunaan bahasa Indonesia akan berpengaruh besar terhadap penggunanya.
Terakhir, marilah kita menyadari bersama bahwa, bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional kita haruslah menjadi sesuatu hal yang penting, bahkan lebih penting dari bahasa lain. Karena seperti pepatah mengatakan bahwa "bahasa menunjukkan bangsa". Tingginya kualitas bahasa suatu bangsa, menjadi ciri tingginya peradaban bangsa itu sendiri.