SITUS-SITUS FISIKA DAN MATEMATIKAModul

Mungkin anda tidak suka ilmu fisika ataupun matematika sewaktu masih bersekolah dahulu. Alasannya? Susah!
Jangan salah, matematika dan fisika justru amat menarik. Namun, memang ada sebagian dari kita yang merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Kesulitan ini bisa disebabkan berbagai macam factor. Misalnya saja cara guru anda menjelaskan kurang mengasyikkan, atau bahkan ia terlalu galak. Tetapi, sebagian besar kesulitan dalam matematika dan fisika biasanya ditimbulkan karena perasaan bahwa fisika dan matematika itu rumit. Sebenarnya tidak demikian! Matematika dan fisika justru sangat aplikatif dan tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan tingkat pendidikan kita. Jadi, seharusnya tidak ada kata sulit.
Para pecinta fisika mengupayakan supaya orang-orang yang tidak menyukai fisika dan matematika menyukai kedua mata pelajaran ini. Mereka membangun situs-situs tutorial dan informasi tentang fisika. Inilah beberapa di antaranya.

Di sini anda tidak hanya dapat berselancar di dunia informasi yang cukup lengkap tentang fisika. Anda juga dapat mendaftarkan subdomain anda dengan format dengan catatan instansi yang anda daftarkan adalah sah dan berorientasi pada fisika. Jadi, anda tidak bisa mendaftarkan domain pribadi di sini.
` Desain situs ini memang tidak istimewa, bahkan cenderung sederhana, karena lebih mengutamakan isinya. Di situs ini, anda dapat menjumpai database fisikawan Indonesia, putra-putri Indonesia yang berprestasi dalam bidang fisika, dan informasi mengenai buku-buku fisika berbahasa asing. Bahkan ada juga portal menuju situs sejenis.

Situs ini menyediakan informasi tentang fisika bagi para pemula. Anda yang tertarik pada fisika tapi takut akan ?keruwetan? ilmu pasti ini, silakan berkunjung ke sini.

Mungkin anda sudah pernah mendengar brand ?How Things Work?, karena CD edukatifnya cukup banyak dijumpai di seluruh pelosok ibu kota. Di situs ini, How Things Work secara langsung membahas fisika yang aplikatif, yaitu yang digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika anda merasa kurang puas pada apa yang disediakan situs ini, anda dapat membeli CDnya. How Things Work sangat bagus tidak hanya bagi anda, tetapi juga bagi anak-anak anda supaya mereka mengenal fisika sejak dini dan tidak menganggapnya sebagai momok.

Situs ini membahas informasi fisika partikel untuk awam. Sebagai catatan, kebanyakan fisikawan mulai tertarik pada fisika ketika mempelajar fisika partikel. Mungkin saja anda salah satu di antara para calon fisikawan?

Pernah mendengar nama Yohanes Surya, Ph.D? Situs ini adalah situs ofisial dari seri pelajar fisika sederhana yang menarik yang dimuat di KOMPAS setiap hari Jumat. Di situs ini anda akan menjumpai si TOFI, tokoh imajiner ciptaan Pak Yohanes Surya untuk menghapuskan kata ?momok? yang seringkali mengikuti fisika. Dari segi tampilan, situs ini amat sederhana dan to the point. Anda juga dapat berlangganan newsletter berisi pelajaran-pelajaran fisika dari si ?TOFI? bila tak sempat mengikuti serinya yang dimuat secara berkala di KOMPAS. Atau, kalau mau dikira fisikawan, anda dapat mendaftar untuk webmail gratis di sini.

Bosan dengan fisika dan matematika teoritis? Uji kemampuan anda di sini. Sayangnya, anda harus mendaftar dulu untuk bisa ?menikmati? soal-soal yang ada di sini. Kalau anda rajin berlatih di sini, kemungkinan besar nama anda akan terpampang di situsnya sebagai pemilik 3 skor tertinggi. Lumayan kan, terkenal di kalangan pengunjung situs ini..
Soal-soal yang disediakan adalah soal-soal untuk anak SD, SLTP, sampai SMU. Tidak hanya soal matematika dan fisika saja yang ada di sini, tetapi juga soal IPS dan lainnya. Pusing dengan kemampuan anak anda di sekolah? Coba ajak dia berlatih di situs ini. Kalau rajin, tentu ia akan mudah mengerjakan soal-soal sejenis yang diberikan gurunya.

Di situs buatan Zulkardi ini, anda juga dapat menguji kemampuan anda bermatematika. Tapi, matematika yang diuji di sini bukan hitungan biasa, melainkan matematika realistis (RME-Realistic Mathematic Education), sebuah pengembangan pendidikan matematika yang pertama kali dikembangkan di Negeri Kincir Belanda.
Setiap bulannya, Zulkardi menge-post soal-soal realistis baru. Bahkan anda juga dapat merekomendasikan soal buatan anda sendiri untuk dimuat di sana. Namun, kekurangan dari situs ini adalah, ada beberapa soal yang kacau alias tidak bisa diselesaikan karena data yang diberikan pada soal tidak mencukupi untuk dihitung dengan cara apapun.

Situs ini adalah milik Yayasan Suken Indonesia yang menyediakan sertifikasi matematika dengan standar Jepang. Di sini anda dapat menemukan beberapa artikel menarik tentang matematika. Satu diantaranya ditulis oleh Pak Yohanes Surya. Dari segi desain, warna-warna yang ditampilkan cukup nyaman di mata, jadi anda bakal betah di situs ini.

Anda berkiprah di bidang ekonomi tapi ingin mengetahui pengaplikasian fisika di bidang ekonomi? Datanglah ke situs ini. Ekonofisika adalah cabang ilmu fisika baru yang sempat membuat ?heboh?. Ekonofisika merupakan pengaplikasian fisika dalam bidang ekonomi. Pada dasarnya, berdasarkan pengalaman banyak orang, fisika dapat diaplikasikan ke berbagai bidang. Salah satu peraih nobel ekonomi, misalnya, adalah profesor fisika.

Ingin mengetahui berita baru tentang Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI)? Situs bermotto ?Go Get Gold? ini akan memenuhi keingintahuan anda. Anda juga dapat berlangganan newsletter TOFI untuk mengetahui perkembangan terbarunya.

Penasaran dengan misteri alam semesta? Situs ini jawabannya. EverythingForever memberikan pengenalan mengenai alam semesta. Karena topik bahasannya amat menarik, kebanyakan orang betah berlama-lama di situs ini. Semoga saja anda salah satu di antaranya. J

Ingin tahu lebih banyak tentang cahaya? Kunjungi situs ini. Situs ini khusus membahas tentang cahaya.
http://www.Colorado.EDU/physics/2000
Bosan membaca halaman web yang statis? Situs ini menyediakan tutorial yang berbeda. Di sini anda dapat menemukan tutorial tentang fisika modern yang interaktif.

Di situs ini anda dapat menemukan aneka pemecahan terhadap masalah-masalah fisika.

Tertarik dengan fisika, tetapi juga menyukai komputer? Situs ini cocok untuk anda. Situs berbahasa Indonesia ini hadir dengan pelajaran fisika online sekaligus tutorial dan informasi komputer.
Nah, bagaimana? Ternyata banyak, bukan, situs-situs yang membahas tentang fisika dan matematika? Itu membuktikan bahwa fisika dan matematika disukai banyak orang, bahwa fisika dan matematika bukanlah momok.
Temukan rahasia alam di dalamnya!

E-LEARNING BAGI PENDIDIKAN

Istilah e-learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Definisi e-learning sendiri sebenarnya sangatlah luas bahkan sebuah portal yang menyediakan informasi tentang suatu topik dapat tercakup dalam lingkup e-learning ini. Namun, istilah e-learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.

Beberapa faktor tersebut di atas yang mendasari pemikiran bahwa ini adalah saat yang tepat untuk menerapkan ?Sistem Pelayanan Online Berbasiskan Web di Jurusan Teknologi Pendidikan ? Universitas Negeri Jakarta? yang disebut ?ETOSS? (Educational Technology Online Services System). Di tambah dengan desakan globalisasi dan pasar bebas di mana kita harus bersaing dengan pihak asing dalam berbagai bidang (tidak hanya industri dan produksi tetapi juga tenaga kerja dan sumber daya manusia).

Pada kenyataannya SDM kita sangat tertinggal bila dibandingkan dengan tetangga kita sekalipun, terutama di bidang TI. Sekolah dan dunia pendidikan adalah tempat di mana kita harus memulai perbaikan-perbaikan dan pengembangan-pengembangan apabila kita ingin memperbaiki SDM kita karena di sanalah tenaga kerja kita dididik dan dilatih. Dengan diluncurkan ETOSS diharapkan mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan ? Universitas Negeri Jakarta lebih tertarik untuk berinteraksi dengan dunia internet.

Tentu saja misi ETOSS bukanlah merubah seluruh sistem pendidikan di jurusan Teknologi Pendidikan ? Universitas Negeri Jakarta karena itu adalah sebuah pekerjaan yang sangat besar. Tujuan ETOSS hanya menawarkan sebuah sistem pendidikan dengan memanfaatkan TI, di mana fokus awalnya adalah sistem informasi jurusan & manajemen dan bukan content (sistem dan kurikulum pendidikan itu sendiri) dan yang ETOSS tawarkan adalah sarana dan prasarana yang tepat guna dengan memanfaatkan TI (Information Technology) untuk meningkatkan efisiensi dan produktifitas kerja unsur-unsur yang terlibat dalam pelaksanaan proses mendidik dan membina.

Produk dan Penerapan Sistem ETOSS
ETOSS adalah sebuah alternatif untuk turut serta dalam membangun pemahaman pentingnya TI dunia pendidikan khusunya di jurusan Teknologi Pendidikan ? Universitas Negeri Jakarta. ETOSS adalah sebuah system yang dikembangkan dengan memanfaatkan kecanggihan Teknologi Informasi (TI) yang berbasiskan web dan diterapkan ke dalam sistem pendidikan pada jurusan Teknologi Pendidikan

ref : http://www.ditpsmk.net

E-LEARNING MODEL “BARU” MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PEMERATAAN PENDIDIKANE-LEARNING MODEL “BARU” MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PEMERATAAN PENDIDIKAN

MODEL “BARU” MEDIA PEMBELAJARAN
UNTUK PEMERATAAN PENDIDIKAN


Makalah

Abstrak:
Kemajuan teknologi jaringan komputer dan pesatnya perkembangan internet, telah memungkinkan semua pihak untuk dapat menerapkannya di segala bidang termasuk dunia pendidikan dan pelatihan. Penggunaan teknologi ini pada bidang pendidikan dan latihan akan sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan. Hal ini sangat memungkinkan mengingat investasi yang harus dikeluarkan akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan investasi bentuk lain (fisik) untuk tujuan sejenis, termasuk aspek pemeliharaannya. Yang dibutuhkan adalah keterampilan dan kehandalan dari pengelolanya.

Pendahuluan
Indonesia sebagai sebuah negara dengan kondisi geografis antar daerah yang sangat berjauhan (sulit dijangkau karena akses jalan darat dan laut yang belum mapan) sudah seharusnya mampu menggunakan dan mengembangkan teknologi komunikasi berbasis komputer dan internet secara serius. Pemanfaatan teknologi informasi secara tepat dan optimal, memungkinkan masalah yang berhubungan dengan jarak tempuh dan kondisi geografis tidak lagi menjadi sebuah penghalang dalam usaha transformasi ilmu dan teknologi dalam dunia pendidikan.

Pemerataan mutu pendidikan yang selama ini hanya sekedar angan-angan (saat ini akses informasi dan kesempatan memperoleh “pendidikan ideal” hanya diperoleh masyarakat kota), dengan pemanfaatan teknologi jaringan komputer dan internet, akan sangat mungkin menjadi kenyataan. Pada pelaksanaannya diperlukan keseriusan dan dukungan semua pihak dalam mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan mutu pendidikan.

Salah satu usaha yang memungkinkan terlaksananya pemerataan pendidikan adalah dengan memanfaatkan kegiatan pendidikan jarak jauh yang berbasiskan internet. Melalui peralatan (hardware), aplikasi (software) serta pengelolaan (brainware) yang tepat memungkinkan masalah jarak, ruang dan waktu “bukan” menjadi masalah lagi. Ini memungkinkan terjadi mengingat semua yang diperlukan termasuk materi pembelajaran tersedia secara on-line dan dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Dan bagi tenaga pendidik (guru, intruktur dan administartor pendidikan) dapat dengan mudah berbagi (share) data dan informasi. Kegiatan ini juga memungkinkan peserta didik mendapatkan keuntungan lebih, mengingat media yang digunakan (komputer) merupakan media interaktif yang menyenangkan.

Makalah ini disajikan bukan hanya untuk memenuhi salah satu tugas sebagai peserta pelatihan yang selanjutnya sekedar menjadi portofolio. Melalui makalah ini penulis berharap dapat menjadi salah satu referensi dan ajang berbagi (share) informasi dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pelayanan pendidikan. Mengingat penulis seorang guru (instruktur) pada salah satu SMK kejuruan, tulisan ini diharapkan tidak membatasi kita karena alasan profesi. Penulis mengharapkan berbagai saran yang mungkin dapat kita jadikan salah satu pijakan demi tercapainya pemerataan pendidikan dan kemajuan pendidikan Indonesia.

Batasan Umum
Agar tulisan ini tidak terlalu banyak menyimpang dari topik, dirasa perlu untuk megemukakan bahwa bahasan materinya tentang e-learning sebagai Model “baru“ Media Pendidikan. Sengaja penulis membubuhkan tanda petik (“), mengingat untuk daerah perkotaan, e-learning sudah bukan barang baru lagi. Tentu saja tulisan ini sangat berkaitan dengan tempat tugas penulis (SMK N 1 ................................) yang sampai saat ini belum tersentuh teknologi ini, yang tersentuh baru sekedar namanya saja (SMK kelompok Teknologi dan Industri).
Definisi Istilah
Saat ini e-learning merupakan istilah yang menekankan terhadap kegiatan pembelajaran yang menggunakan teknologi jaringan komputer dan internet.
Electronic learning or e-Learning is a general term used to refer to computer-enhanced learning. It is used interchangeably in so many contexts that it is critical to be clear what one means when one speaks of 'eLearning'. In many respects, it is commonly associated with the field of advanced learning technology (ALT), which deals with both the technologies and associated methodologies in learning using networked and/or multimedia technologies(http://en.wikipedia.org)

Mengutip Tulisan Wandono :
“Rosenberg menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Hal ini senada dengan Cambell (2002), Kamarga (2002) yang intinya menggunakan media internet dalam pendidikan sebagai hakikat e-learning. Bahkan Onno W. Purbo (2002) menjelaskan bahwa istilah “e” atau singkatan dari elektronik dalam e-learning digunakan sebagai istilah untuk segala teknologi yang digunakan untuk mendukung usaha-usaha pengajaran lewat teknologi internet. (Wandono, E-Learning VS I-Learning, http://www.dsi.unair.ac.id)

Terlepas dari pengertian itu, yang terpenting dalam kegiatan e-learning, sumber belajar dapat diperolah kapan saja dan di mana saja. Yang terpenting dan perlu diingat, dalam kegiatan e-lerning ini media utama pembelajarannya adalah komputer yang terhubung (terkoneksi) pada jaringan komputer lainnya. Lebih jauh Wandono menulis :
“Dikatakan oleh Darin E. Hartley bahwa: e-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain. LearnFrame.Com dalam Glossary of e-learning Terms [Glossary, 2001] menyatakan suatu definisi yang lebih luas bahwa: e-learning adalah system pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer maupun komputer stand alone.

Mengingat hampir semua pihak sepakat bahwa huruf e pada kata e-laarning merupakan kependekkan dari kata elektronik, sudah dapat dipastikan bahwa e-learning (elektronik learning) merupakan kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan peralatan elektronik seperti halnya radio, televisi, projektor, telepon dan lainnya. Namun perlu diingat bahwa kata elektronik pada huruf e saat ini telah mengalami penyempitan makna. Kata e telah berubah makna dari alat-alat elektronik menjadi komputer. Ini dapat dipahami mengingat istilah ini baru muncul dan dikenal luas setelah komputer berbasis jaringan dan internet mulai diperkenalkan dalam dunia pendidikan dan digunakan sebagai salah satu media pembelajaran.

e-Learning
MODEL “BARU” MEDIA PEMBELAJARAN
Penulis tidak mau mau terlarut dalam istilah yang terlalu panjang dan bertele-tela. Mari kita sepakati saja bahwa e-learning adalah salah satu media pembelajaran yang menfaatkan komputer berbasis jaringan. Pengertian ini terlepas pada apakah jaringan tersebut terhubung pada internet atau sekedar jaringan lokal saja. Sehinga penulispun tidak berkecil hati mengingat sekali lagi sekolah tempat penulis bertugas belum terkoneksi pada jaringan internet. Artinya, secara umum semua komputer yang memiliki akses jaringan meski sekedar lokal (LAN), dapat dikatakan sudah dapat melaksanakan kegiatan e-learning. Kegiatan pembelajaran telah dapat dikatakan mengunakan model e-learning jika pembelajaran tersebut telah mengunakan komputer berbasis jaringan yang didukung oleh aplikasi multimedia, dan pada sat dilaksanakannya kegiatan semua komputer yang dipergunakan serta terhubung pada jaringan dalam kondisi menyala (on-line)

Dalam penggunaanya, model e-learning dapat dipilah menjadi dua kategori. Kategori pertama adalah narasumber dan peserta didik dapat berinteraksi secara langsung melalui media komputer (pada waktu yang sama pada tempat berbeda). Artinya pada saat yang sama guru/intruktur dapat langsung berkomunikasi pada waktu yang bersamaan meski jarak memisahkan mereka. Contoh dari kategori ini adalah chatting, video conference, dan sejenisnya. Sedangkan untuk skala yang lebih kecil (komputer yang tidak terhubung ke internet), seorang instruktur memanfaatkan aplikasi tutorial tertentu sehinga peserta didiknya dapat mengikuti kegiatan secara aktif pada waktu bersamaan meski berada pada tempat (ruangan) terpisah.

Sedangkan untuk kategori, kedua intruktur dan peserta didik tidak harus selalu saling berinteraksi secara langsung. Artinya bisa saja instruktur sekedar meninggalkan pesan (materi) yang harus dibaca/dikuasai. Peserta didik dapat mengakses materi tersebut kapan saja dan dimana saja (tentu saja dengan jadwal tertentu). Meski demikian mereka masih dapat berinteraksi meski tidak secara langsung. Contoh kategori ini adalah penggunaan e-mail dan website (blog). Sekali lagi untuk skala yang lebih kecil instruktur hanya sekedar menugaskan peserta didik untuk membuka/mempelajari materi yang telah dibagi (share) dari komputernya.

Dalam pelaksanaannya, pada untuk situasi tertentu, sistem pemeblajaran e-Learning membutuhkan kolaborasi antar peserta didik. Kolaborasi antar peserta didik diharuskan terjadi terutama jika materi tersebut mengharuskan adanya kolaborasi (mis: kegiatan kelompok/tim). Adakalnya bagi peserta didik yang sedikit “cerdik“ akan mamanfaatkan kelemahan aspek visual maya (lemahnya kontrol affektif/perilaku). Mungkin saja ia akan “menipu“ instrukturnya karena memang tidak dapat berinteraksi langsung secara fisik. Bisa jadi karena alasan ini beberapa materi pelajaran tidak dapat disampaikan secara on-line (semisal ujian/test) akibat lemahnya pengawasan. Namun beberapa kelemahan ini dapat diatasi dengan memanfaatkan media interaktif semisal kamera (webcam) dan sejenisnya, atau yang lebih memungkinkan hadirnya seoarang pengawas ujian. Dengan demikian kecurangan yang mungkin timbul akan “sedikit“ lebih teratasi.

Menurut Ana Hadiana dan Elan Djaelani
Ada 5 hal essensial yang harus diperhatikan dalam menjalankan kolaborasi lewat internet, yaitu sebagai berikut: (a) clear, positive interdependece among students (b) regular group self-evaluation (c) interpersonal behaviors that promote each member’s learning and success (d) individual acountability and personal responsibility (e) frequent use of appropriate interpersonal and small group social skills.
Dalam proses kolaborasi antar siswa, guru bisa saja terlibat didalamnya secara tidak langsung, dalam rangka membantu proses kolaborasi dengan cara memberikan arahan berupa message untuk memecahkan masalah. Sehingga diharapkan proses kolaborasi menjadi lebih lancar. (Ana Hadiana dan Elan Djaelani, Sistem Pendukung e-Learning di Web http://www.informatika.lipi.go.id)

dari pernyataan di atas, salah satu solusi yang memungkinkan agar kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik adalah dengan tetap mengunakan pembelajaran sistem klasikal. Para instruktur utama (meski berada ditempat yang jauh) dapat dibantu oleh instruktur pembantu yang bertugas memberikan pengawasan, instruksi tambahan, dan penilaian jika diperlukan.

e-Learning
UNTUK PEMERATAAN PENDIDIKAN
Terlepas dari itu semua, pemanfaatan e-learning sebagai salah-satu metode pembelajaran akan sangat membantu tercapainya pemerataan pendidikan. Mungkin perlu disampaikan bahwa saat ini sudah dapat dipastikan semua komputer yang memiliki akses pada jaringan dan internet telah/dapat menjalankan berbagai aplikasi (multimedia). Artinya, bagi sekolah-sekolah “miskin“ daripada membeli beberapa set alat pembelajaran yang harganya mahal dan belum tentu dapat dipergunakan karena takut rusak (jika dipakai), adalah lebih baik jika membeli seperangkat komputer multimedia.

Sederhananya, jika peserta didik di sekolah “kaya“ dapat melaksanakan kegiatan praktik secara langsung, maka bagi sekolah miskin cukup mengikuti simulasinya melalui komputer. Demikian juga dengan guru/instrukturnya. Berbagai materi pembelajaran dapat diperoleh dengan mudah dan murah karena telah tersedia dan dapat diakses kapan saja.

Sejatinya konsep pemerataan pendidikan adalah seluruh peserta didik pada usia yang hampir sama memperoleh materi pendidikan pada jenjang yang hampir sama dan memiliki kemampuan yang hampir sama pula. Ini semua terlepas dimana peserta didik itu berada (perkotaan, pedesaan, atau tempat terpencil sekalipun). Demikian juga dengan para guru/instrukturnya. Mereka tidak lagi tekendala karena buku/bahan ajar yang langka atau susah didapat, mengingat harga di tempat terpencil bisa jadi berlipat ganda. Atau karena materi/buku tersebut tidak dapat sampai ke tangannya karena alasan jarak dan biaya bahkan mungkin cuaca.

Sudah saatnya pemerintah pusat dan daerah bersama-sama membangun sistem pendidikan berbasis jaringan komputer dan internet (e-learning). Meski demikian, agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal akibat harga software berlisensi, maka perlu dilakukan program sosialisasi pengunaan software terbuka (open Source). Meski demikian pemilihan ini bukan semata karena faktor effisiensi harga, tetapi aspek kualitas dan keandalannyapun perlu diperhatikan.

Demikian semoga bermanfaat, untuk teknologi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Maju terus pendidikan indonesia

Daftar Pustaka:
Hadiana, Ana dan Djaelani, Elan: Sistem Pendukung e-Learning di Web http://www.informatika.lipi.go.id
Rif, Bahtiar, BIKIN SITUS WEB SITE BLOG GRATIS, http://bahtiar.com
Sambik Ibrahim, Rahmat M : Tidak Kenal Maka Tidak Sayang: Kiat Mensosialisasikan Makalah Internasional Kepada Komunitas Sistem Informasi Indonesia, http://rms46.vlsm.org
Wandono, E-Learning VS I-Learning, http://www.dsi.unair.ac.id
Wikipedia, the free encyclopedia.htm, Dictionary, http://en.wikipedia.org


ref : http://www.ditpsmk.net

KONSEP DASAR WLAN dan TKJ

Apa itu TEKNIK KOMPUTER dan JARINGAN ?

Teknik Komputer diarahkan agar mampu merancang perangkat keras berbasiskan komputer, programming, web development, sistem jaringan komputer, pengendalian instrumentasi menggunakan komputer serta pengelolaan teknologi informasi (Information Technology) yang sangat dibutuhkan di industri dan perusahaan manufaktur.

Teknologi Wireless LAN menjadi sangat popular saat ini di banyak applikasi. Setelah evaluasi terhadap teknologi tersebut dilakukan, menjadikan para pengguna merasa puas dan meyakini realiability teknologi ini dan siap untuk digunakan dalam skala luas dan komplek pada jaringan tanpa kabel.
Wireless LAN bekerja dengan menggunakan gelombang radio. Sinyal radio menjalar dari pengirim ke penerima melalui free space, pantulan, difraksi, Line of Sight dan Obstructed LOS. Ini berarti sinyal radio tiba di penerima melalui banyak jalur (Multipath), dimana tiap sinyal (pada jalur yang berbeda-beda) memiliki level kekuatan, delay dan fasa yang berbeda-beda.
Awalnya teknologi ini didesain untuk aplikasi perkantoran dalam ruangan, namun sekarang Wireless LAN dapat digunakan pada jaringan peer to peer dalam ruangan dan juga point to point diluar ruangan maupun point to multipoint pada aplikasi bridge.
Wireless LAN di desain sangat modular dan fleksibel. Jaringan ini juga bisa di optimalkan pada lingkungan yang berbeda. Dapat mengatasi kendala geografis dan rumitnya instalasi kabel.

ref : http://www.ditpsmk.net

GOOGLE SEARCH ENGINE new

Pencarian
Untuk memasukkan kueri ke dalam Google, ketikkan saja beberapa kata deskriptif dan tekan tombol ‘enter’ (atau klik tombol Google Search) untuk mendapatkan daftar hasil yang relevan.
Google menggunakan teknik kedekatan kata untuk mencari halaman-halaman yang penting dan relevan dengan pencarian Anda. Sebagai contoh, ketika Google menganalisa suatu halaman, Google melihat halaman-halaman lain yang melink ke halaman tersebut yang menerangkannya. Google juga suka halaman yang di dalamnya mendekati kata-kata yang Anda cari.
Kueri “and” Otomatis
Google hanya memberikan hasil halaman yang mengandung semua kata yang Anda cari. Tidak perlu menggunakan kata “dan”. Untuk membatasi lebih jauh, gunakan saja kata-kata yang lebih banyak.

Kata-kata Henti
Google mengabaikan kata-kata dan karakter umum, yang dikenal dengan kata-kata henti. Google secara otomatis mengabaikan kata-kata seperti “http” dan “.com,” sebagaimana dengan digit-digit dan huruf-huruf yang berdiri sendiri, karena mereka jarang membantu mempersempit sebuah pencarian, dan dapat memperlambat pencarian.
Gunakan tanda “+” untuk memasukkan kata-kata henti dalam pencarian Anda. Pastikan untuk memasukkan spasi sebelum tanda “+”. [Anda juga bisa memasukkan tanda "+" dalam frase pencarian.]
Lihat kata-kata pencarian Anda dalam konteks.
Setiap hasil pencarian Google mengandung satu atau lebih serapan dari halaman web, yang menunjukkan bagaimana kata-kata pencarian Anda digunakan dalam konteks halaman tersebut.
Stem
Untuk menyediakan hasil yang paling akurat, Google tidak menggunakan pencarian “stem” atau dukungan “wildcard”. Dengan kata lain, Google mencari kata-kata persis dengan yang Anda masukkan dalam kotak pencarian. Mencari “googl” atau “googl*” tidak akan memberikan hasil “googler” atau googlin”. Jika ragu, cobalah bentuk lain: “airline” dan “airlines,” sebagai contoh.
Apakah huruf besar atau aksen berpengaruh?
Pencarian Google tidak pengaruh dengan huruf besar/kecil. Semua huruf, walau bagaiman diketiknya, akan dianggap huruf kecil. Sebagai contoh, pencarian “google”, “GOOGLE”, dan “GoOgLe” akan memberikan hasil yang sama.
Pencarian Googl secara default tidak sensitif terhadap aksen atau tanda-tanda diakritis. Seperti, [Muenchen] dan [München] akan menemukan halaman yang sama. Jika Anda ingen mendeskriminasikan antara dua kata tersebut, gunakan tanda + seperti [+Muenchen] dan [+München].
Karena Google hanya menampilkan halaman-halaman web yang mengandung semua kata kunci yang Anda masukkan, memperbaiki atau mempersempit pencarian Anda adalah semudah menambahkan beberapa kata lagi ke kata kunci yang sudah Anda masukkan. Dengan menambahkan beberapa kata lagi, hasil pencarian yang diperoleh akan merupakan bagian-bagian spesifik dari hasil yang Anda peroleh dari pencarian “terlalu luas” sebelumnya.
Mengecualikan kata-kata
Anda dapat mengecualikan suatu kata dari pencarian Anda dengan menempatkan tanda minus (”-”) langsung di depan kata yang ingin Anda hindarkan. (Jangan lupa untuk menempatkan satu buah spasi kosong sebelum tanda minus)
Pencarian Frase
Dengan Google, Anda dapat mencari frase menggunakan tanda kutip. Kata-kata yang berada di antara tanda kutip ganda (”seperti ini”) akan muncul bersama-sama dalam semua dokumen hasil pencarian (kecuali jika berupa kata penutup, kata tertentu yang memerlukan tanda “+” — lihat di sini untuk lebih jelasnya). Pencarian Frase menggunakan tanda kutip sangat berguna ketika mencari ucapan-ucapan yang terkenal atau nama-nama sesuatu.
Beberapa karakter tertentu berfungsi sebagai penghubung frase. Google mengenali tanda minus, garis miring, titik, tanda sama dengan, dan apostrof sebagai penghubung frase.
Batasi Domain
Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Salah satu contohnya adalah kata “site:”. Untuk mencari sebuah domain atau situs khusus, gunakan sintaks “site:sampledomain.com” pada kotak pencarian Google.
Sebagai contoh, untuk menemukan informasi pers di situs Google, masukkan:
contoh: press site:www.google.com

FITUR KHUSUS GOOGLE
Pencarian Gambar (BETA)
Pencarian Gambar Google merupakan mesin pencari gambar yang paling luas di Web, dengan lebih dari 250 juta gambar terindex dan tersedia untuk dilihat. Untuk menggunakan pencarian gambar, kunjungi halaman pencarian tingkat lanjut atau http://www.google.com/imghp?hl=id dan masukkan kata dalam kotak pencarian gambar, kemudian klik tombol “Cari”. Pada halaman hasil pencarian, klik saja thmbnail untuk melihat versi yag lebih besar dari gambar itu, juga halaman tempat gamabr itu berada. (Catatan: untuk mengaksesnya, tampilan bahasa Anda harus disetting dalam bahasa Inggris dalam pilihan halaaman).
Gambar-gambar yang ditengarai oleh Pencarian Gambar Google mungkin dilindungi oleh hak cipta. Meskipun Anda dapat menentukan lokasi dan mengakses gambar itu lewat layanan kami, Google tidak bisa menjamin Anda untuk menggunakan gambar-gambar itu untuk tujuan apapun selain melihatnya di web. Dengan demikian, jika Anda ingin menggunakan gambar manapun yang Anda temukan lewat layanan ini, kami menyarankan Anda untuk menghubungi pemilik situs untuk memperoleh ijin yang dibutuhkan.
PERHATIAN: Hasil yang Anda lihat dalam fitur ini mungkin berisi muatan untuk orang dewasa. Google mempertimbangkan beberapa faktor ketika menentukan sebuah gambar relavan dengan permintaan pencarian Anda. Karena metode ini belum seluruhnya terbukti dapat digunakan oleh orang dungu sekalipun, sangat dimungkinkan beberapa gambar yang tidak semestinya terangkum dalam gambar-gambar yang Anda lihat.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini, silakan baca halaman Pertanyaan yang Sering Dilontarkan.

Terjemahan Halaman Web
Google memecah halangan bahasa dengan fitur baru terjemahan (BETA). Dengan menggunakan teknologi mesin penerjemahan, Google sekarang memungkinkan orang berbahasa Inggris untuk mengakses sejumlah halaman web non-Inggris.
Jika hasil pencarian Anda menampilkan hasil yang non-Inggris, akan ada sebuah link ke halaman versi terjemahan itu dalam bahasa Inggris.
Juga jika Anda menginginkan jdul-judul dan rangkuman hasil pencarian Anda diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, memungkinkan opsi terjemahan pada halaman preferensi. Jika fitur ini diaktifkan, Google secara otomatis akan menerjemahkan hasil pencarian Anda ke dalam bahasa Inggris.
Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini, silakan baca halaman Pertanyaan yang Sering Dilontarkan tentang terjemahan.

Cari file PDF
Hasil pencarian Google sekarang termasuk file Format Adobe Portable Document (PDF). Meskipun file PDF jumlahnya tidak sebanyak file HTML, seringkali format file ini memuat informasi yang bermutu tinggi yang tidak tersedia di tempat lain.
Untuk menandai bahwa suatu hasil pencarian tertentu merupakan file PDF dan bukan suatu halaman web, tanda [PDF] muncul dalam teks warna biru di depan judul file. Hal ini membebaskan Anda untuk mengetahui bahwa proram itu, Acrobat Reader, akan terbuka untuk melihat file ini. Klik pada link judul di sebelah kanan tanda [PDF] untuk mengakses dokumen pdf itu. (Jika Anda tidak memiliki program Adobe Acrobat di komputer, maka Anda akan diarahkan ke halaman tempat Anda bisa mendownload program itu dengan gratis.)
Untuk file-file DPF, link halaman “Tersimpan” digantikan dengan “Versi Teks”. Versi teks ini adalah salinan dari dokumen PDF yang semua perintah formatnya sudah dihilangkan.
Jika Anda lebih memilih untuk melihat sekelompok hasil pencarian tanpa links PDF, ketik saja -filetype:pdf dalam kotak pencarian bersama dengan kata(-kata) yang Anda cari.

Link-link Tersimpan
Google mengambil snapshot dari tiap halaman yang diuji ketika menjaring web dan menyimpannya sebagai cadangan jika halaman aslinya tidak tersedia. Jika Anda mengklik link “Tersimpan”, Anda akan melihat halaman seperti ketika kami mengindexnya. Muatan tersimpan itu merupakan muatan yang digunakan Google apakah halaman itu cocok dengan pencarian yang Anda lakukan.
Ketika halaman tersimpan ditampilkan, maka akan tampak header pada sisi atas sebagai penanda bahwa halaman itu merupakan versi tersimpan dan bukan halaman itu sendiri. Istilah yang sesuai dengan pencarian Anda disorot dalam versi tersimpan sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui mengapa halaman iu relevan bagi Anda.
Link “Salinan” tidak akan muncul untuk situs-situs yang belum kami indeks, juga bagi situs-situs yang pemiliknya telah meminta kami untuk menghapus isi hasil salinan.

Halaman Mirip
Jika Anda mengklik link “Halaman mirip” untuk mendapatkan hasil pencarian, Google secara otomatis membimbing ke halaman-halaman web yang berhubungan dengan hasil ini.
Link “Halaman Serupa” punya banyak kegunaan. Jika Anda menyukai isi suatu situs, tapi berharap agar lebih banyak lagi yang dipaparkan, link ini dapat menemukan situs-situs dengan isi yang serupa yang mungkin tidak Anda ketahui. Jika Anda mencari informasi produk, “Halaman Serupa” dapat menemukan informasi yang bersaing untuk Anda, sehingga Anda dapat menemukan tawaran yang terbaik. Jika Anda tertarik pada penelitian di suatu bidang, ia dapat menolong Anda menemukan sejumlah besar bahan referensi dengan cepat, tanpa menghabiskan waktu untuk memikirkan kata kunci apa yang mungkin digunakan dalam situs-situs tersebut.
Google menemukan halaman yang mirip bagi jutaan halaman web. Meski demikian, semakin khusus suatu halaman web, semakin sedikit hasil yang bisa kami temukan untuk Anda. Contohnya, Google mungkin tidak mampu menemukan halaman-halaman yang berhubungan dengan homepage pribadi Anda, jika homepage itu tidak mempunyai cukup informasi yang bisa dihubungkan dengan halaman-halaman lain. Juga, jika perusahaan menggunakan begitu banyak URL untuk halaman-halaman mereka (seperti google.com dan http://www.google.com), mungkin hanya sedikit informasi pada satu URL tetapi lebih banyak pada URL lain. Secara umum “Halaman Mirip” berhasil dengan baik pada sebagian besar halaman web.

Temukan siapa yang terhubung dengan Anda
Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Satu kata itu bagi Google contohnya adalah kata link: operator. Pencarian link: akan menampilkan semua halaman yang menunjuk pada URL itu. Sebagai contoh, link:www.google.com akan menampilkan semua halaman yang menunjuk ke homepage Google. Anda tidak bisa menggabungkan pencarian link: dengan satu kata kunci pencarian.
Ref: http://www.putragaluh.web.id/blog/baca/2009/07/12/Google_Search_Engine.html

Persib Jajal Pelatih Perancis Danielle De Narco

Persib Bandung akan menjajal pelatih asal Perancis bernama Danielle De Narco pada ajang Piala Indonesia 2010 pertengahan Juli mendatang. Hal ini merupakan ajang uji coba bagi pelatih yang dibawa agen bernama Jaime Rojas tersebut.
Manajer Persib Umuh Muchtar sebetulnya enggan begitu saja merekrut pelatih yang belum diketahui track record-nya tersebut. Namun, diinternal PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) ada beberapa pihak yang dinilainya memaksakan kiprah pelatih tersebut.
“Terus terang sebetulnya saya tidak setuju dengan keputusan ini. Tapi biarlah, karena ada pihak-pihak tertentu yang ingin dia (Danielle) melatih di sini. Biar saja kita lihat nanti bagaimana kiprahnya,” jelas Umuh, Jumat (18/6/2010).
Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar (tengah)/Koran SI

Umuh menyatakan belum mengetahui secara pasti apakah PT Liga Indonesia akan memperbolehkan tim menambahkan pelatih baru. Termasuk, jika Danielle ditempatkan sebagai Direktur Teknik (Dirtek) di Persib.
"Kita lihat saja nanti bagaimana jadinya. Kalau memang boleh kita akan coba, kalau tidak itu lebih baik. Kita ingin semuanya jelas dulu, baru mengumumkan pelatih," tegas Umuh yang mengaku terdapat pergesekan kepentingan di kubu internal Persib terkait soal pelatih musim depan.
Bursa calon pelatih tim Maung Bandung memang tengah memanas. Sebelum Danielle, beberapa nama tenar seperti Jacksen F Tiago (Persipura) dan Rahmad Darmawan (Sriwijaya FC) digadang-gadangkan bakal menduduki kursi kepelatihan Persib musim nanti. (acf)

ref: bola.okezone.com

Video Klip Band Eka Ramdani, Flat4

Waw .. Eka Ramdani dan Airlangga nampak berbakat bermain musik. Terlihat saat menyanyikan lagu Maung Bandungku. Video Klip juga mantap, menampilkan beberapa cuplikasi latihan didalam dan luar stadion. Selain itu beberapa cuplikasi pertandingan membuat video klip ini tambah mantap disimak.

Kemeriahan Bobotoh juga ikut menjadi pemanis dari video klip tersebut. Hidup Bobotoh !
Penasaran ? silakan disimak ya .. Hatur nuhun buat simamaung yang sudah publish informasi yang mantap ini:)


Sumber  :  http://www.putragaluh.web.id/blog/show/video-klip-band-eka-ramdani-flat4.html

ELEARNING XHTML EDITOR, EXE new

Dalam rangka peningkatan SDM dalam membuat bahan ajar berbasis web. Banyak alat bantu/software yang bisa digunakan, namun terlepas dari itu perlu diperhatikan juga efesiensi dan latar belakang audience yang tidak sama dalam menggunakan software HTML Editor sehingga terlintas sebuah software yang bernama eXe (elearning XHTML editor), akhirnya pilihan jatuh ke eXe setelah rencana sebelumnya menggunakan Dreamweaver :)

Apa itu eXe ? Merupakan aplikasi berbasis web yang dirancang untuk mengembangkan dan mempublikasikan bahan ajar berbasis web, tanpa harus memiliki pengetahuan mengenai HTML (Hyper Text Markup Language), XML ataupun aplikasi lainnya yang rumit.
Keunggulan
Mudah, tanpa perlu tahu HTML; WYSIWYG (What You See Is What You Get); Gratis; Opensource; Standart eLearning : SCORM (Sharable Content Object Reference Model); Mendukung di beberapa platform Linux, Mac OS dan MS Windows.

Output

  • SCORM, IMS Content Package; 
  • Website; 
  • Single Page; 
  • Text File dan; 
  • iPOD Notes.
Banyak alasan kenapa saya memilih eXe, diantaranya karena keunggulannya :
  • Mudah, tanpa perlu tahu HTML; 
  • WYSIWYG (What You See Is What You Get); 
  • Gratis; 
  • Opensource; 
  • Standart eLearning : SCORM (Sharable Content Object Reference Model); 
  • Mendukung di beberapa platform Linux, Mac OS dan MS Windows.
Hasilnya, ternyata sangat memuaskan. Audiense (Guru) dengan berbagai latar belakang yang berbeda bisa menguasai eXe secara umum dalam waktu yang singkat (kurang lebih 3 jam) dan berhasil membuat Modul Bahan Ajar Sederhana dengan eXe.

Untuk memperoleh modul yang digunakan dalam training tersebut, silakan download DISINI sedangkan Software eXe bisa didownload DISINI GRATIS koq ! Opensource :)

Semoga bermanfaat
Sumber : http://ditpsmk.net/?page=artikel;121&guest_4c1f9fbdecb68

eXe is a simple, off-line authoring environment that enables teachers and academics to author web content without the need to become proficient in HTML or XML markup. Content generated by eXe can be used inside any Learning Management System, either as SCORM 1.2 packages, IMS Content Packages, or self-contained web sites. eXe enables users to select from predesigned instructional devices (iDevices) or create their own devices like objectives, case studies, reading activities, etc. Users can manipulate the look and feel of their published content as well as export for different display or delivery technologies.
For more details go to the exelearning website
Sumber : http://www.putragaluh.web.id/blog/baca/2009/10/29/eXe_elearning_XHTML_editor.html

DAFTAR BUKU BSE SMK Dowload Gratis

AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA 1 
AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA 2 
AGRIBISNIS TERNAK RUMINANSIA 3
AKOMODASI PERHOTELAN 1 
AKOMODASI PERHOTELAN 2 
AKOMODASI PERHOTELAN 3
AKUNTANSI INDUSTRI 1 
AKUNTANSI INDUSTRI 2 
ALAT UKUR DAN TEKNIK PENGUKURAN 1 
ALAT UKUR DAN TEKNIK PENGUKURAN 2 
ALAT UKUR DAN TEKNIK PENGUKURAN 3 
BIOLOGI PERTANIAN 1 
BIOLOGI PERTANIAN 2 
BIOLOGI PERTANIAN 3 
BUDIDAYA TANAMAN 1 
BUDIDAYA TANAMAN 2 
BUDIDAYA TANAMAN 3 
FISIKA SMK NON TEKNOLOGI 1 
FISIKA SMK NON TEKNOLOGI 2 
FISIKA SMK TEKNOLOGI 1 
FISIKA SMK TEKNOLOGI 2 
FISIKA SMK TEKNOLOGI 3 
ILMU KESEHATAN 1 
ILMU KESEHATAN 2 
IPA 
IPS 1 
IPS 2 
KESEKRETARISAN 1 
KESEKRETARISAN 2 
KIMIA ANALITIK 
KIMIA INDUSTRI 1 
KIMIA INDUSTRI 2 
KIMIA INDUSTRI 3 
KIMIA KESEHATAN 1 
KIMIA KESEHATAN 2
KIMIA KESEHATAN 3 
KIMIA SMK 1 
KIMIA SMK 2 
KONSEP DASAR AKUN & PELAPORAN KEUANGAN 1 
KONSEP DASAR AKUN & PELAPORAN KEUANGAN 2 
KONSEP DASAR AKUN & PELAPORAN KEUANGAN 3 
KRIYA KAYU 1 
KRIYA KAYU 2 
KRIYA KERAMIK 1 
KRIYA KERAMIK 2 
KRIYA KERAMIK 3 
KRIYA KULIT 1 
KRIYA KULIT 2 
KRIYA KULIT 3 
KRIYA TEKSTIL 1 
KRIYA TEKSTIL 2 
KRIYA TEKSTIL 3 
MARKETING 1 
MARKETING 2 
MATEMATIKA BISNIS MANAJEMEN 1 
MATEMATIKA BISNIS MANAJEMEN 2 
MATEMATIKA BISNIS MANAJEMEN 3 
MUSIK NON KLASIK 1 
MUSIK NON KLASIK 2  
MUSIK NON KLASIK 3 
NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN 1 
NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN 2 
NAUTIKA KAPAL PENANGKAP IKAN 3 
PATISERI 1 
PATISERI 2 
PATISERI 3 
PEDALANGAN 1 
PEDALANGAN 2
PEKERJAAN SOSIAL 1 
PEKERJAAN SOSIAL 2 
PEKERJAAN SOSIAL 3 
PENGAWASAN MUTU BAHAN PRODUK PANGAN 1 
PENGAWASAN MUTU BAHAN PRODUK PANGAN 2 
PENJUALAN 1 
PENJUALAN 2 
PENJUALAN 3 
PERANCANGAN SISTEM KERJA DAN ERGONOMI INDUSTRI 1 
PERANCANGAN SISTEM KERJA DAN ERGONOMI INDUSTRI 2 
REKAYASA PERANGKAT LUNAK 1 
REKAYASA PERANGKAT LUNAK 2 
REKAYASA PERANGKAT LUNAK 3 
RESTORAN 1 
RESTORAN 2 
RESTORAN 3 
SENI BUDAYA 1 
SENI BUDAYA 2 
SENI MUSIK KLASIK 1 
SENI MUSIK KLASIK 2 
SENI RUPA 1 
SENI RUPA 2 
SENI TARI 1 
SENI TARI 2 
SENI TARI 3 
SENI TEATER 1 
SENI TEATER 2 
SISTEM REFRIGERASI & TATA UDARA 1 
SISTEM REFRIGERASI & TATA UDARA 2 
TATA BUSANA 1 
TATA BUSANA 2 
TATA BUSANA 3 
TATA KECANTIKAN KULIT 1 
TATA KECANTIKAN KULIT 2 
TATA KECANTIKAN KULIT 3 
TATA KECANTIKAN RAMBUT 1 
TATA KECANTIKAN RAMBUT 2 
TATA KECANTIKAN RAMBUT 3 
TEKNIK ALAT BERAT 1 
TEKNIK ALAT BERAT 2 
TEKNIK ALAT BERAT 3 
TEKNIK BODI OTOMOTIF 1 
TEKNIK BODI OTOMOTIF 2 
TEKNIK BODI OTOMOTIF 3 
TEKNIK BUDIDAYA IKAN 1 
TEKNIK BUDIDAYA IKAN 2 
TEKNIK BUDIDAYA IKAN 3 
TEKNIK DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK 1 
TEKNIK DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK 2 
TEKNIK DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK 3 
TEKNIK GAMBAR BANGUNAN 1 
TEKNIK GAMBAR BANGUNAN 2 
TEKNIK GAMBAR BANGUNAN 3 
TEKNIK GRAFIKA DAN INDUSTRI GRAFIKA 1 
TEKNIK GRAFIKA DAN INDUSTRI GRAFIKA 2 
TEKNIK GRAFIKA DAN INDUSTRI GRAFIKA 3 
TEKNIK GRAFIS KOMUNIKASI 1 
TEKNIK GRAFIS KOMUNIKASI 2 
TEKNIK GRAFIS KOMUNIKASI 3 
TEKNIK KONSTRUKSI KAPAL BAJA 1 
TEKNIK KONSTRUKSI KAPAL BAJA 2 
TEKNIK KONTRUKSI BANGUNAN GEDUNG 1 
TEKNIK KONTRUKSI BANGUNAN GEDUNG 2 
TEKNIK LISTRIK INDUSTRI 1 
TEKNIK LISTRIK INDUSTRI 2 
TEKNIK LISTRIK INDUSTRI 3 
TEKNIK MESIN INDUSTRI 1 
TEKNIK MESIN INDUSTRI 2 
TEKNIK MESIN INDUSTRI 3 
TEKNIK OTOMASI INDUSTRI 1 
TEKNIK OTOMASI INDUSTRI 2 
TEKNIK OTOMASI INDUSTRI 3 
TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK 1 
TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK 2 
TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK 3 
TEKNIK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK 1 
TEKNIK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK 2 
TEKNIK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK 3 
TEKNIK PEMBENTUKAN PELAT 1 
TEKNIK PEMBENTUKAN PELAT 2 
TEKNIK PEMBENTUKAN PELAT 3 
TEKNIK PEMBIBITAN TANAMAN 1 
TEKNIK PEMBIBITAN TANAMAN 2 
TEKNIK PEMBUATAN BENANG & PEMBUATAN KAIN 1 
TEKNIK PEMBUATAN BENANG & PEMBUATAN KAIN 2 
TEKNIK PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM ELEKTRONIKA 1 
TEKNIK PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM ELEKTRONIKA 2 
TEKNIK PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM ELEKTRONIKA 3 
TEKNIK PEMESINAN 1 
TEKNIK PEMESINAN 2 
TEKNIK PENCELUPAN & PENGECAPAN 1 
TEKNIK PENCELUPAN & PENGECAPAN 2 
TEKNIK PENCELUPAN & PENGECAPAN 3 
TEKNIK PENGECORAN 1 
TEKNIK PENGECORAN 2 
TEKNIK PENGECORAN 3 
TEKNIK PENGELASAN KAPAL 1 
TEKNIK PENGELASAN KAPAL 2 
TEKNIK PENYIARAN & PRODUKSI PROGRAM TV, RADIO, FILM 1 
TEKNIK PENYIARAN & PRODUKSI PROGRAM TV, RADIO, FILM 2 
TEKNIK PERENCANAAN GIZI MAKANAN 1 
TEKNIK PERENCANAAN GIZI MAKANAN 2 
TEKNIK PERENCANAAN GIZI MAKANAN 3 
TEKNIK PERKAYUAN 1 
TEKNIK PERKAYUAN 2 
TEKNIK PRODUKSI MESIN INDUSTRI 1 
TEKNIK PRODUKSI MESIN INDUSTRI 2 
TEKNIK PRODUKSI MESIN INDUSTRI 3 
TEKNIK SEPEDA MOTOR 1 
TEKNIK SEPEDA MOTOR 2 
TEKNIK SEPEDA MOTOR 3 
TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG 1 
TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG 2 
TEKNIK STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG 3 
TEKNIK SURVEI DAN PEMETAAN 1 
TEKNIK SURVEI DAN PEMETAAN 2 
TEKNIK SURVEI DAN PEMETAAN 3 
TEKNIK TELEKOMUNIKASI 1 
TEKNIK TELEKOMUNIKASI 2 
TEKNIK TELEKOMUNIKASI 3 
TEKNIK TRANSMISI TENAGA LISTRIK 1 
TEKNIK TRANSMISI TENAGA LISTRIK 2 
TEKNIK TRANSMISI TENAGA LISTRIK 3 
TEKNOLOGI PANGAN 1 
TEKNOLOGI PANGAN 2 
USAHA JASA PARIWISATA 1 
USAHA JASA PARIWISATA 2 


Sumber Dari Situs Resmi Dit.PSMK www.ditpsm.net