Sejarah Internet dan Macam-Macam Browser

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. 'Teks miringBerkas:Teks tebal.

 Macam-macam Browser
•    Internet ex$plorer
•    Mozilla firefox
•    Opera
•    Google Chrome
•    Safari
•    Avant
•    Netscape
•    Flock
•    Conqueror
•    Maxton

Input dan Output Device

Input Data Dvices, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan di luarnya. dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu :
Input Device (Piranti Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari louar. beberapa contoh piranti masukan (Input Device) adalah :



 Output Device berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran. beberapa contoh Output Device (Piranti Masukan) adalah :


Sofware (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
a)    Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna.
Contoh : Sistem Operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi), Macintos, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai distribusi), NetWare, dll
b)    Program Aplikasi, merupakan program yang kembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spedifik Contoh L Aplikasi Akuntansi, Aplikasi Perbankan, Aplikasi manufaktur, dll
c)    Program Utilitas, Merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer, seperti Anti Virus, Partisi Hardisk, manajemen Hardisk dll.
Contoh Produk Program Utilitas : Norton Utilitas, partition Magic, McAfee, Avira, dll
d)    Progra, Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
-    Pengelola kata/editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
-    Pengolah angka / lembar kerja : Lotus 123, MS Excell, WuattroPro, dll
-    Desain Grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
e)    Bahas Pemograman, merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunbak lain. Bahasa Pemograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, tingkat sedang dan tingkat tinggi. pergeseran dari tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa dengan pemetaan Prolog, Java dll. contoh Bahasa tingkat menengah : Bahasa C++
seperti perangkat lunak lain, bahasa pemograman juga memiliki pertumbuhan generasi.

Pengertian Hardware (Perangkat Keras)

Hardware (Perangkat Keras)
Perangkat keras komputer secara garis besar terdiri dari tiga komponen utama yaitu :
a)    Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan prmrosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU (Arithmatic Logic Unit) dan Control Unit.
Kecepatan kerja prosesor biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unitnya. Contoh : Jika prosesor memiliki frekuensi clock 350 MHz, berarti kecepatan pemerosesan satu intruksinya = T = 1/f = 1/(350 x 106Hz), = 0,286 x 10-8 detik

Bagian Utama Processor
•    Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai oitput device.
•    Aritmatic logic Unit (ALU), merupakan bagian dari processor yang khusus mengelola data aritmatic (tambah, kurang, kali dan bagi) serta data logika (perbandingan)
b)    Memory, berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu :
a.    Primary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data dan intruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari memori primary adalah :
i.    Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
ii.    Kecepatan tinggi
iii.    Akses rendom (acak)
Read Onli Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa membaca saja, tidak dapat dirubah dan hapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindah ke RAM. Permintaan yang ada di ROM antara lain adalah permintaan untuk membaca sistem dari disk, perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di unir sistem dan perintah unruk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, antara lain :
1)    PROM (Programble ROM), yaitu ROM), yang bisa kita rogram kembali dengan catatan ahnay boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
2)    RORIM (Re-Programble ROM), merupakan perkembangan dari versi RPOM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai dengan yang diinginkan.
3)    EPROM (Earsable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan Program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
4)    EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROMN dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
Random Access Memory (RAM), adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
b.    Sekondari Memori, adalah dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. karakteristik dari memori  sekunder adalah :
o    Non vilatil atau presenten
o    Kecepatan relatif rendah Idibandingkan memori primer)
o    Akses rendom atau sekuansial
Contoh memori sekunder : Floppy, Zip Drive, Hardisk, Flashdisk, CD ROM, magnetic Tape, Optical Disk, dll.

Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses sekuansial adalah magnetic tape.

Definisi Komputer

Komputer merupaka suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori serta data bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu.
Komputer dapayt menyusun data dalam bentuk 1 dan 0. data diletakan dalam “Chips” atau dalam “memory” dari komputer dalam bentuk gelombang listrik : bila terdapat sedikit saja aliran listrik ke dalam area tertrentu dari “Chip” tersebut maka komputer akan menginterpretasikannnya sebagai SATU. Bila tidak ada masukan aliran listrik, komputer akan menginterpretasikannya sebagai NOL.


Kumpulan dari 1 dan 0 akan membentuk sebuah angka atau huruf. Sebagai contoh : 01001110 dapat membentuk huruf A. Anda tidak perlu mengetahui bagaimana sebuah komputer bekerja untuk menggunakan komputer itu sendiri. Tetapi adan perlu memahami menggunakan informasi (yang disebut “Software”). Untungnya penggunaan komputer saat ini jauh lebih mudah dibanding 50 tahun yang lalu